Senin, 03 Maret 2008

Modifikasi Suzuki Off-Road


Untuk mempersiapkan kendaraaan Offroad ada beberapa pertimbangan yang perlu dikaji terlebih dahulu, hal ini penting untuk menghindari biaya mahal yang tidak perlu. Secara umum kendaraan off-road dapat dibagi dalam beberapa katagori diantaranya antara lain:
  • Kendaraan off-road untuk Show and shine, untuk pajangan dan jalan-jalan di dalam kota saja.
  • Kendaraan off-road untuk medan adventure ringan.
  • Kendaran off-road untuk medan adventure berat.
  • Kendaraan off-road untuk rock crawling.
  • Kendaraan off-road untuk racing off-road.
Disini kami tidak akan membahas persiapan kendaraan untuk Show and shine karena kendaraan kategori ini tidak cocok untuk di kendarai di medan off-road.

Pada umumnya semua jenis kendaraan berpenggerak 4 (empat) roda dapat dimodifikasi menjadi kendaraan off-road, tinggal kita yang memilih kendaraan off-road katagori mana yang akan dibuat karena tidak semua kendaraan cocok untuk medan dan katagori tertentu.

A. Modifikasi off-road untuk medan adventure ringan
Semua kendaraan berpenggerak roda empat dengan sedikit modifikasi dapat dipersiapkan untuk menjelajahi medan adventure off-road ringan, dimana keadaan medan sedikit berlumpur, tidak terlalu dalam, jalan yang masih bisa dipilih dan dengan tanjakan atau turunan tidak melebihi kemiringan 45 derajat.

Untuk kendaraan ini diperlukan persiapan sebagai berikut :

Bodi
Bodi tidak banyak memerlukan perobahan, karpet lantai disarankan tidak dipakai, lubang air kalau ada ditutup, sambungan-sambungan kabel diseal (seal aquarium) sehingga tidak kemasukan air. Apa bila nantinya banyak melewati jalan yang ber air disarankan memasang snorlker untuk mencegah percikan air tidak masuk kedalam saluran hisap mesin.

Suspensi/ban
Biasanya ban bawaan pabrik hampir rata-rata berukuran 29 inch, bisa diganti dengan ban yang lebih tinggi tapi tidal lebih dari 10 % sehingga tidak perlu mengganti final gear. Jadi kalau ban normal 29 inch maka dapat diganti dengan ban yang lebih tinggi tidak melebihi 32 inch. Pilih ban yang cocok untuk medan Lumpur, misalnya; Mud Terrain, Super Swamper, Jeep service, Extra grip dll. Pada saat mengganti ban harus dicoba apakah perlu meninggikan bodi (bodi lift) atau meninggikan suspensi mobil (suspension lift), meninggikan suspensi mobil lebih mudah mengerjakan nya dibandingkan dengan meninggikan bodi mobil.

Juga perlu dicoba ban tidak nyangkut pada saat setir dibelokkan, pada saat meninggikan suspensi mobil perlu juga diperiksa apakah Caster ikut berubah atau tidak ini untuk mencegah setir menjadi liar pada saat mobil dikendarai di jalan lurus, jangan lupa apa bila meninggikan suspensi shock-absorber juga perlu diganti. Apabila semua pengetesan ban tidak nyangkut apa-apa maka disarankan tidak perlu merobah suspensi atau bodi.

Mesin
Disini tidak banyak memerlukan perubahan, yang perlu adalah mencegah air masuk kemesin dan menggangu sytem kelistrikan, dimana sambungan-sambungan selang udara diseal ,tutup karbutator atau tutup filter udara diseal, tutup distributor dan tutup koil juga diseal. Kabel busi diikat dengan tierap supaya tidak gampang lepas. Kipas radiator sebaiknya yang menggunakan viscous coupling, ini diperlukan apa bila kendaraan memasuki air maka kipas tidak tertahan oleh air dan sebaliknya juga air tidak muncrat kemana-mana.

Peralatan Bantu
Kalau misalnya akan ber kendaraan off-road dimedan yang ringan dan perginya lebih dari 2 (dua) mobil maka peralatan winch tidak diperlukan, kalau misalnya tersangkut diparit dapat dikeluarkan dengan dibantu oleh kendaraan lain.

Bila memang ingin memasang winch pilih kekuatan tariknya lebih kurang 1 ½ kali berat mobil, jadi misalnya berat kotor kendaraan 1.5 ton maka pilih winch yang berukuran 2.25 ton atau lebih kurang 5000 lbs maka dapat dipilih winch yang tersedia yaitu 6000 lbs. Apabila kendaraan sudah dilengkapi dengan winch maka kemampuan battery juga harus dipikirkan, mengganti baterry dengan yang lebih besar atau battery kering adalah dianjurkan.

Peralatan Bantu wajib yang harus dibawa adalah : P3K, Pemadam api, Ban serep, kunci roda dan dongkrak, alat komunikasi. Peralatan Bantu lain yang dapat dipasang tetapi tidak mutlak ialah : Liftjack, tangki cadangan, lampu sorot, alternator besar.

1 komentar:

GRESIK KOTRIK CLUB mengatakan...

untuk teman2 penggemar jimny lj80, silahkan kunjungi blog kami untuk saling berbagi : gresikkotrikclub.blogspot.com

salam
GKC